Pergi Berbelanja? Ikuti Langkah Pencegahan Covid-19

Jika kamu sedang tidak berjuang di garda depan untuk melawan pandemi COVID-19, kontribusi terbaik yang bisa kamu lakukan saat ini adalah untuk tetap di rumah saja. Yes, ini lebih penting daripada yang kamu kira.

Namun pada hari-hari ketika harus pergi ke luar rumah, seperti berbelanja persediaan makanan di supermarket, bagaimana cara memastikan bahwa kita tidak membawa pulang virus corona?
Dr. Bill Griggs, mantan direktur layanan trauma di The Royal Adelaide Hospital, rumah sakit terbesar di Australia Selatan, telah membuat checklist detail tentang apa saja yang harus dilakukan ketika meninggalkan rumah untuk meminimalkan kemungkinan kamu menjadi carrier virus. Ia membaginya menjadi tiga kategori: meninggalkan rumah, ketika di luar rumah, dan tiba di rumah.
Meninggalkan rumah
1. Jangan menggunakan apa pun pada bagian lengan bawah hingga tangan
Tidak sedikit orang pergi ke luar rumah menggunakan pakaian berlengan panjang seperti kedinginan—yang sebenarnya adalah bentuk antisipasi yang baik. Namun Dr. Bill mengatakan untuk tidak menggunakan apa pun pada bagian lengan bawah, seperti jam tangan, gelang, dan perhiasan lainnya dari bagian siku hingga jemari.
"Kamu ingin bisa mencuci [badan] secara menyeluruh ketika tiba di rumah dan tidak ingin mengurus celah-celah yang ada pada benda-benda tersebut. Gunakan lengan pendek agar kamu bisa mencuci tangan dan lengan bawah dengan mudah saat sampai di rumah," katanya.
Pada tanggal 5 April kemarin, menurut laporan CNBC Indonesia, warga Indonesia juga telah diwajibkan untuk memakai masker saat berada di luar rumah.
2. Jangan membawa dompet atau handbag
Jika tidak diperlukan, tidak usah dibawa. Bawa sesedikit mungkin barang saat pergi ke luar rumah. So daripada membawa semua kunci yang terpasang di gantungan kuncimu, bawa satu kunci yang kamu butuhkan saja. Benda pribadi lainnya seperti obat atau hand sanitizer harus disimpan di dalam kantong kertas yang bisa langsung dibuang setelah digunakan.
3. Simpan ponsel di dalam kantong plastik klip
Sebisa mungkin, hindari menggunakan ponsel ketika berada di luar rumah. Langsung buang kantong plastik yang kamu gunakan atau cuci dengan bersih ketika tiba di rumah.
4. Letakkan credit card, KTP, dan uang tunai di dalam kantong plastik klip juga
5. Gunakan alas kaki tertutup
Hindari penggunaan sepatu open-toe atau sandal dan hanya gunakan sepatu ketika kamu hendak pergi.
6. Bawa makanan dan minuman pribadi di dalam kantong kertas yang bisa langsung dibuang setelah dipakai, tentunya
7. Letakkan boks plastik kosong di depan pintu rumahmu
Kamu akan membutuhkan ini ketika tiba di rumah.
8. Letakkan semua barang pribadimu di boks plastik lain
Ini adalah barang-barang yang akan kamu bawa ke luar rumah, dan akan menempati satu area di dalam mobil (jadi jangan dipindahkan).
9. Rencanakan perjalananmu
Lakukan semua tugasmu dalam sekali jalan—beli obat, beli persediaan makanan, dan lainnya—untuk memaksimalkan perjalananmu.
Ketika di luar rumah
10. Jangan menggunakan ponsel jika tidak perlu
"No social media. Kamu bisa bertahan tanpa itu untuk sejenak," kata Dr. Bill.
11. Jangan sentuh wajahmu!
12. Jangan sentuh apa pun yang tidak diperlukan menggunakan tangan
13. Waspada akan benda-benda yang sering disentuh orang lain
Anggap saja benda apa pun yang telah disentuh orang lain telah terkontaminasi—gagang pintu, tombol lift, troli supermarket, pulpen di kasir, tombol ATM, dan lainnya.
14. Bersihkan tanganmu secara rutin
Gunakan alkohol atau hand sanitizer untuk mendesinfeksi tangan, atau gunakan sabun dan air jika tersedia. Dr. Bill mengatakan, "Mencuci tangan [dengan sabun dan air] adalah yang paling efektif."
15. Dorong pintu menggunakan kaki, siku, atau bahu.
16. Bagian tubuh ada yang gatal? Jangan digaruk!
Jika ada bagian wajahmu yang terasa gatal, gunakan lengan atas untuk menggosoknya.
17. Hindari makan di luar rumah
"Hampir mustahil untuk tidak menyentuh wajah ketika kamu makan. Tidak boleh minum kecuali kamu membawanya dari rumah."
18. Hindari pembayaran dengan uang tunai
Karena sering berpindah tangan, ada kemungkinan besar bahwa virus bisa menyebar melalui uang tunai. Gunakan metode pembayaran cashless, dan jika perlu menekan tombol untuk memasukkan nomor PIN, gunakan jari manis daripada jari telunjuk atau jempol.
Tiba di rumah
19. Keluarkan seluruh benda yang kamu bawa dari dalam mobil
Keluarkan juga barang pribadi yang disimpan di dalam boks plastik.
20. Pindahkan isi boks plastik ke boks plastik kosong yang kamu sediakan di depan pintu rumah
Hanya isinya cuci atau buang kantong yang kamu gunakan untuk menyimpan benda-benda tersebut.
21. Lepaskan sepatu dan tinggalkan di luar rumah
22. Cuci tangan secara menyeluruh
23. Bersihkan barang-barang di dalam books satu per satu
Setelah barang-barang tersebut dibersihkan, bersihkan pula boks tersebut!
24. Bersihkan mobil
Perhatikan pegangan pintu, setir mobil, gigi, dan seat belt. Bersihkan juga boks plastik yang kamu simpan di dalam mobil.
25. Sediakan tempat sanitasi di luar rumah
Sediakan sabun, alkohol, dan tisu dapur sekali pakai di luar rumah. Ingat: penting untuk mencuci tangan secara menyeluruh! Tak usah peduli jika kamu tampak seperti seorang germaphobe belakangan ini.
Selain itu, Alesha juga sarankan untuk hindari menyentuh apa saja yang ada di dalam rumah sebelum kamu membersihkan tubuh. Langsung ke kamar mandi dan letakkan semua pakaian yang kamu gunakan saat pergi ke dalam kantong klip. Kantong dan pakaian tersebut juga harus dibersihkan.

https://alesha.co.id/baca-blog-383-pergi-berbelanja-ikuti-langkah-pencegahan-covid19

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wow Tren Model Sepatu Pria Ini Yang Jadi Incaran

Model Sandal Kulit Lucky